Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Indonesia Melawan Malaysia 4-1

sportskimagazin.com – Timnas Indonesia berhasil melumat Malaysia dengan skor 4-1 di laga pamungkas fase grup, Piala AFF 2021. Dengan hasil ini, Evan Dimas Cs akan meladeni tuan rumah Singapura di babak semifinal. Kemenangan Timnas Indonesia atas anak asuh Tan Cheng Hoe tak lepas dari taktik unik ala Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan ini kembali mencadangkan Evan Dimas. Shin Tae-yong memilih memasang pemain lincah yakni Witan Sulaeman, Ramai Rumakiek dan Irfan Jaya untuk mendukung Ezra Walian di lini depan.

Hasilnya luar biasa, Irfan Jaya mencetak 2 gol dan ditambah gol cantik Pratama Arhan dan Elkan Baggott. Dengan kemenangan besar ini, Timnas Indonesia menyandang status sebagai juara grup, meski di pertandingan lain Vietnam berhasil mengalahkan Kamboja 4-0.

Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh support Irfan Jaya (36′, 43′), Pratama Arhan (50′), dan Elkan Baggott (82′). Dengan kemenangan besar ini, Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2020 dengan condition juara grup B. Tim asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi Singapura di semifinal, sementara Vietnam yang berstatus runner-up akan melawan Thailand (juara grup B).

Pertandingan Indonesia vs Malaysia begitu menarik sejak peluit begin dibunyikan. Banyak hal menarik yang menjadi sorotan, berikut Tribunnews rangkum dari hasil 2×45 waktu pertandingan:

Comeback Timnas Indonesia

Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Indonesia Melawan Malaysia 4-1

Hal pertama yang menjadi sorotan adalah comback skuat Garuda atas skuat Harimau Malaya. Malaysia berhasil mencetak gol lebih dulu melalui Kogileswaran Raj pada menit ke-13. Namun, kegigihan serta semangat Timnas Indonesia tidak bisa dianggap remeh. Mereka membuktikan di atas lapangan dengan mencetak gol balasan, bahkan gol kemenangan untuk Garuda.

Lihat saja dari statistik akhir pertandingan, Witan Sulaeman dan kolega menghasilkan 23 upaya ke gawang Malaysia, tujuh di antaranya tepat sasaran, dan empat yang berujung gol. Timnas Indonesia juga jauh lebih premium ketika menghasilkan upaya dari sepakan penjuru, sembilan berbanding tiga milik Malaysia.

Dan dua dari tembakan penjuru tersebut berakhir dengan bola yang bersarang ke gawang Khairul Fahmi. Irfan Jaya memeriahkan persaingan gelar topskor Piala AFF 2020 berkat support yang dia cetak ke gawang Malaysia. Pemain PSS Sleman ini cerdik dalam menempatkan posisi dalam serangan Timnas Indonesia.

Dua gol yang dicetak Irfan Jaya sama-sama lepas dari kawalan pemain Malaysia. Gol pertama dia bergerak ke kotak penalti mengejar bola dari umpan Witan Sulaeman. Sontekannya berhasil menyamakan kedudukan. Gol kedua berawal dari pergerakan Pratama Arhan yang menusuk kotak penalti Malaysia. Bola liar tersebut disambut Irfan Jaya dengan sontekannya saat berhdapan satu lawan satu dengan Khairul Fahmi.

Gol Ciamik Pratama Arhan

Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Indonesia Melawan Malaysia 4-1

Meski unggul 2-1 di babak pertama, Indonesia tidak sedikitpun menurunkan intensitas serangan. Buktinya, di awal babak kedua Indonesia menekan dan menyerang. Hasilnya pun langsung terasa, saat tembakan ciamik Pratama Arhan dari luar kotak penalti Malaysia menghujam deras gawang Khairul Fahmi.

Berawal dari skema tembakan penjuru, Irfan Jaya yang menjadi eksekutor memilih untuk memberi umpan pendek ke arah Pratama Arhan. Dia melepaskan tembakan keras yang sedikit melambung namun menukik tajam ke gawang Malaysia.

Gol Debut Elkan Baggott

Fakta Menarik Dibalik Kemenangan Indonesia Melawan Malaysia 4-1

Penampilan Elkan Baggott untuk skuat garuda sudah jelas sangat dinantikan. Namun, Shin Tae-yong punya pandangan berbeda, dia tidak turut dalam beginning XI melawan Malaysia. Pemain Ipwich Town itu pun harus memulai laga di babak kedua ketika menggantikan Ramai Rumaikek.

Pilihan jitu nan cerdas untuk Shin Tae-yong! Elkan Baggott dengan keunggulannya dari postur tubuh membantu Indonesia saat menekan pertahanan Malaysia. Dia punya peluang pertama dari umpan Irfan Jaya, tetapi sundulannya masih melebar tipis di sisi kanan gawang Khairul Fahmi.

Jelang waktu normal usai, dia tidak menyia-nyiakan kesempatan. Umpan penjuru Evan Dimas berhasil dikonversikan menjadi gol oleh Elkan Baggott dengan sundulannya. Indonesia akan menghadapi Singapura di babak semifinal Piala AFF 2020 pada 25 Desember 2021 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.