Mengetahui Asal Mula Olahraga Tenis Dan Awal Masuk di Indonesia

sportskimagazin.com – Tenis lapangan merupakan salah satu cabang olahraga pupuler di dunia. Adapun, tenis lapangan termasuk ke dalam kategori permainan bola kecil. Banyak orang bermain tenis, baik menjadi atlet profesional maupun sekadar menyalurkan hobi.

Tenis pun menjadi tontonan olahraga yang sangat digemari. Dunia tenis telah melahirkan banyak nama legendaris seperti Pete Sampras (putra) dan Martina Navratilova (putri). Indonesia juga pernah memiliki petenis hebat yakni Yayuk Basuki yang sukses menembus perempat final turnamen Grand Slam Wimbledon pada 1997.

Pengertian Tenis Lapangan

Mengetahui Asal Mula Olahraga Tenis Dan Awal Masuk di Indonesia

Pengertian tenis lapangan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah permainan yang menggunakan bola (sebesar kepalan) sebagai benda yang dipukul dan raket sebagai pemukulnya, dimainkan oleh dua pemain (dua pasang), di lapangan yang dibatasi oleh jaring setinggi kira-kira satu meter.

Sementara itu pengertian tenis lapangan atau yard tennis menurut Encyclopedia Britannica adalah permainan di mana dua pemain berlawanan (tunggal) atau pasangan (ganda) menggunakan raket yang diikat dengan kencang untuk memukul bola dengan ukuran, berat, dan memantul di atas jaring (internet) di lapangan berbentuk persegi panjang.

Sejarah Tenis Lapangan

Mengetahui Asal Mula Olahraga Tenis Dan Awal Masuk di Indonesia

Awalnya, tenis lapangan dikenal dengan nama yard tennis atau tenis rumput. Sebab, olahraga ini memang dimainkan di lapangan atau tanah dengan permukaan rumput oleh pria dan wanita pada zaman Victoria (1820-1914).

Melansir situs web Olympics.com, asal-usul tenis lapangan dapat ditelusuri dari sebuah permainan bola tangan yang berkembang di Perancis pada abad ke-11. Permainan ini disebut jeu de paume yang berarti “permainan telapak tangan”. Permainan tersebut populer pada abad ke-16. Antara abad ke-16 dan 18, permainan telapak tangan sangat dihormati di kalangan raja dan bangsawan.

Ketika akan memulai permainan telapak tangan, pemain akan meneriakkan kata dalam bahasa Perancis yakni “tanez” yang berarti “mainkan!”. Permainan ini pun segera disebut dengan tennis. Pada 1530-an, Raja Henry VIII dari Inggris membangun sebuah lapangan tenis di Istana Hampton Court.

Kemudian, raket pertama ditemukan pada 1583 di Italia. Memasuki period 1870-an, popularitas tenis di Inggris pun meroket, terutama setelah publikasi berjudul “A Portable Court of Playing Tennis” oleh seorang mayor asal Wales, Walter Clopton Wingfield pada 1874.

Nama Walter Clopton Wingfield pun dianggap sebagai pelopor grass tennis atau yang kini dikenal sebagai tenis lapangan. Pada 1913, dibentuklah organisasi internasional untuk olahraga tenis yang berpusat di Perancis dengan nama Federation International de Yard Tennis (FILT).

Nama organisasi itu kemudian diubah oleh orang Inggris menjadi International Yard Tennis Federation (ILTF). Kemudian pada 1977, nama ILTF diubah menjadi ITF atau International Tennis Federation.

Perjalanan Tenis Masuk Indonesia

Mengetahui Asal Mula Olahraga Tenis Dan Awal Masuk di Indonesia

Dilansir dari situs internet Padamu.net, banyak orang menganggap bahwa olahraga tenis dibawa ke Indonesia oleh bangsa Belanda. Namun, pendapat lain menyebutkan bangsa Inggris juga berandil dalam memperkenalkan tenis ke Nusantara.

Tenis mulai berkembang di Indonesia pada 1920-an. Kala itu, sekolah-sekolah elite seperti Stovia, Rechrschool, dan Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS) menjadi yang pertama memperkenalkan tenis secara luas kepada masyarakat.

Sejak saat itu, tenis terus berkembang di Tanah Air. Berbagai organisasi pemuda word play here mulai menyelenggarakan pertandingan tenis di banyak tempat. Perkembangan tenis di Indonesia semakin pesat setelah masyarakat pribumi berhasil memenangi pertandingan yang diselenggarakan oleh bangsa Belanda.

Melihat olahraga tenis yang semakin berkembang dan mendapatkan tempat di hati masyarakat, para tokoh Tanah Air lantas mendirikan organisasi tenis yang disebut dengan Persatuan Yard Tenis Indonesia (Pelti) pada 26 Desember 1935.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *