Meregangkan Badan | Healthek.com

Sportkimagazin – Baik ketika kita hendak berolahraga atau juga ketika badan terasa kaku, meregangkan badan merupakan hal yang bisa dilakukan. Hal ini perlu dilakukan untuk membuat otot yang terasa kaku menjadi lebih lemas dan nyaman digunakan beraktivitas.

Pentingnya peregangan ini untuk dilakukan karena tubuh manusia terdiri dari otot dan ligamen. Kedua bagian tubuh tersebut perlu untuk digerakkan setiap hari.

Penggunaan otot dan ligamen secara berlebih bisa menjadi penyebab terjadinya cedera. Sementara itu, jika keduanya kurang digerakkan maka akan terjadi rasa kaku di sendi yang menyebabkan tubuh kurang lentur dan postur memburuk.

Manfaat dari peregangan sendiri sebenarnya tidak hanya terbatas pada kedua hal tersebut. Terdapat sejumlah manfaat lain yang bisa diperoleh dari meregangkan badan. Dilansir dari Healthek, berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari meregangkan badan.

1. Meredakan Stres

Ketika kita sedang stres, detak jantung akan meningkat serta menyebabkan otot menjadi kaku.

“Peregangan membantu merilekskan otot yang kaku serta memberi waktu bagi kita untuk fokus pada tubuh dan memperlambat (detak jantung),” terang Cristina Chan, personal trainer dan kreator dari F45 Recuperation.

“Gerakkan tubuh secara perlahan dan bertujuan bisa memberi waktu untuk bernapas, memperhatikan sekitar, menyadari kondisi tubuh, serta menurunkan tekanan. Ketika napas dan detak jantung melambat, kamu akan menjadi lebih tenang,” sambungnya.

2. Meningkatkan Kelenturan

Meregangkan tubuh setiap hari bisa menjadi cara untuk meningkatkan kelenturan.

“Peregangan membantu otot tetap lentur, kuatm dan sehat. Kelenturan ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga gerakan dari sendi,” terang Natalie Simmonds personal fitness instructor dan mantan penari profesional.

“Tanpanya (kelenturan), otot akan memendek dan menjadi kaku. Kondisi ini bisa menyebabkan otot menjadi lemah dan tak bisa memanjang ketika melakukan aktivitas,” sambungnya.

3. Memperbaiki Postur

Melakukan peregangan merupakan hal yang penting dilakukan terutama ketika kamu seharian duduk di kursi. Meregangkan tubuh bisa menjadi cara untuk memperbaiki postur terutama ketika kamu cenderung bungkuk akibat terlalu banyak duduk.

4. Mengatasi Sakit Punggung

Munculnya sakit punggung akibat berbagai hal seperti olahraga berlebih, salah tidur, atau hal lain bisa diredakan dengan melakukan peregangan. Peregangan sendiri bisa meredakan rasa sakit dengan mengurangi tekanan otot dan meningkatkan aliran darah ke punggung.

5. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidur merupakan hal yang sangat penting bagi fisik dan mental kita. Meregangkan tubuh terutama dalam gerakan yoga bisa meningkatkan kualitas tidur dengan cara memperlambat kerja tubuh dan mengatur pernapasan kita.

6. Mencegah Cedera

Terjadinya cedera pada tubuh kita bisa menimbulkan berbagai masalah dalam kehidupan. Melakukan peregangan merupakan sebuah cara untuk mencegah cedera karena dapat meningkatkan suplai darah dan oksigen ke otot serta sendi, melancarkan nutrisi dalam tubuh, serta meningkatkan sirkulasi darah. Seluruh hal tersebut bisa membantu tubuh pulih lebih cepat.

7. Menyiapkan Tubuh sebelum Berolahraga

Selain mencegah cedera, peregangan juga bisa menjadi cara terbaik untuk menyiapkan tubuh sebelum berolahraga. Hal ini terutama penting dilakukan ketika kamu melakukan olahraga yang membutuhkan performa maksimal.

8. Menenangkan Perasaan

Melakukan peregangan bisa membantu tubuh lebih tenang dan santai. Melambatnya kerja pernapasan dan jantung yang terjadi karena peregangan bisa sangat membantu membuat psychological dan tubuh menjadi lebih tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *