Mengenali Perbedaan Antara Berenang Gaya Punggung Dengan Gaya Bebas

sportskimagazin.com – Ada empat jenis gaya renang. Setiap gaya tersebut memiliki perbedaan terkait teknik dasar dan bentuk gerakannya. Empat jenis gara renang tersebut yaitu gaya bebas (front crawl), gaya punggung (backstroke), gaya dada (breaststroke), dan gaya kupu-kupu (butterfly stroke).

Dalam artikel ini akan membahas mengenai perbedaan renang gaya punggung dengan gaya bebas mulai dari posisi badan, gerak tangan, dan pengambilan napas. Berikut penjelasannya!

Posisi Badan

Mengutip modul Melesat di Air, Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket B Setara SMP/MTs Kelas IX, perbedaan yang mencolok antara renang gaya punggung dengan renang gaya bebas terdapat pada posisi badan di permukaan air.
Posisi badan renang gaya punggung adalah tidur telentang dan sejajar dengan permukaan air.

Mengenali Perbedaan Antara Berenang Gaya Punggung Dengan Gaya Bebas

Sementara untuk posisi badan renang gaya bebas justru sebaliknya. Posisi badan tengkurap ke dalam air dengan posisi mengapung. Selain itu, apa saja perbedaan lain dari renang gaya punggung dengan bebas.

Gerak tangan

Pada renang gaya punggung gerak kedua tangan mengarah ke belakang secara bergantian. Sementara gaya bebas dengan mengayunkan kedua tangan ke depan secara bergantian.

Pengambilan napas

Perenang gaya punggung karena kepalanya ada di luar air sepanjang waktu, cara melakukan pernapasannya tentu berbeda dengan pernapasan perenang gaya bebas. Perenang gaya punggung dapat bernapas dengan terus-menerus. Gerakan pengambilan napas renang gaya punggung adalah mengambil napas pada saat istirahat dari satu tangan dan mengeluarkan napas pada saat istirahat tangan yang lain.

Dengan gaya punggung, perenang hanya bisa menghadap ke ata dan tidak bisa melihat ke depan. Sementara untuk teknik pengambilan napas dalam renang gaya bebas adalah dengan cara kepala menoleh secara konsisten ke salah satu arah yaitu kanan atau kiri.

Pernapasan dalam renang gaya bebas biasanya dilakukan dengan posisi tubuh yang sticking ke samping. Posisi wajah harus di dalam air serta posisi mulut di depan permukaan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *