Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Olahraga Lari Estafet

sportskimagazin.com – Lari estafet merupakan salah satu nomor dalam olahraga lari yang dilombakan pada ajang Olimpiade. Menurut Encyclopaedia Britannica, lari estafet atau sering disebut lari sambung adalah suatu perlombaan lari yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting oleh satu tim.

Dalam satu regu atau tim lari estafet terdapat empat orang pelari yaitu pelari pertama (1 ), kedua (2 ), ketiga (3 ), dan keempat (4 ). Ciri lari estafet yang tidak ada pada nomor lari lainnya adalah gerakan memindahkan tongkat dari pelari sebelumnya ke pelari selanjutnya.

Proses memindahkan tongkat tersebut dilakukan sambil berlari cepat. Pada ajang Olimpiade musim panas, nomor lari estafet yang dilombakan adalah 4×100 meter dan 4×400 meter.

Teknik Dasar Lari Estafet

Dalam buku Kepelatihan Atletik Jalan dan Lari (2018) karya Suratmin, teknik dasar lari estafet meliputi teknik awalan (start), teknik pergantian tongkat, dan teknik finis.

.Teknik beginning

Dalam lari estafet dipisahkan ke dalam dua bagian yakni start jongkok dan melayang oleh pelari yang berbeda. Beginning jongkok dilakukan pelari pertama dalam setiap regu, sedangkan penerima tongkat berikutnya hingga anggota regu terakhir melakukan begin melayang.

.Teknik pergantian tongkat

Proses penyerahan tongkat dilakukan sesuai dengan arah tangan penerima baik ketika posisi menghadap ke atas maupun ke bawah.

.Teknik finis

Teknik finis dalam lari estafet (dilakukan oleh pelari keempat) menekankan pada posisi tubuh untuk lebih condong ke depan tanpa mengurangi laju lari sebelum berada pada jarak sekitar satu meter dari garis finis.

Pelanggaran dalam Lomba Lari Estafet

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Olahraga Lari Estafet

Dalam perlombaan lari estafet, satu tim bisa didiskualifikasi jika melakukan pelanggaran seperti berikut:

1. Pelari kehilangan tongkat yang dibawanya ketika berlari

2. Melakukan teknik mengoper tongkat dengan tidak benar

3. Kesalahan dalam melakukan awalan lari lebih dari sekali

4. Menyalip pelari lawan dengan cara tidak benar

5. Mencegah pelari lawan untuk menang

6. Dengan sengaja menghalangi, melintasi lapangan dengan tidak benar atau bertujuan untuk mengganggu pemain lawan.

Lantas bagaimana jika seorang pelari menjatuhkan tongkat sebelum diterima oleh pelari berikutnya? Misalnya saja saat pemindahan tongkat estafet dari pelari 1 ke pelari 2, sebelum diterima tongkat terjatuh. Cara mengatasi hal tersebut agar tidak menyalahi peraturan perlombaan adalah pelari 1 mengambil tongkat yang terjatuh, kemudian memberikan ke pelari 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *