Euro 2020: Hungaria Vs Portugal Dipadati Penonton, Kok Bisa?

Sportskimagazin.com – Laga Hongaria vs Portugal pada matchday perdana Euro 2020 teramat spesial. Pertandingan yang digelar di Puskas Arena, Budapest, Hongaria, Selasa (16/6) malam WIB, dipadati penonton yang menyaksikan secara langsung.

Dilansir The Athletic, terdapat 67.000 penonton yang hadir ke stadion. Kondisi yang berbeda jauh dengan laga Inggris melawan Kroasia yang cuma bisa dihadiri oleh 18.497 pengunjung.

Lalu, apakah itu menandakan bila Hongaria sudah ‘menang’ melawan pendemi COVID-19?

Jawabannya, iya. Penanganan pandemi COVID-19 di Hongaria sudah dilakukan dengan baik sejak virus ini mewabah pada awal 2020 di Eropa. Negara dengan penduduk mencapai 9,7 juta jiwa itu juga sudah memberikan vaksinasi kepada warganya sebanyak 5,3 juta jiwa sebelum Euro 2020 dilaksanakan.

Tak cuma itu, kebijakan lockdown yang diberlakukan pemerintah Hongaria juga berjalan baik. Pada awal-awal COVID-19, rata-rata kasus bahkan tak mencapai 50 jiwa.

Kasus COVID-19 memang sempat tinggi di akhir 2020. Namun, kurva terus menurun hingga gelaran Euro 2020 berlangsung.

Per 15 Juni misalnya, kasus positif corona berada di angka 57 orang. Angka kematian berada di angka 10 jiwa. Khusus di Budapest, lokasi Puskas Field, cuma ada lima kasus positif tanpa kematian.

Sejumlah faktor tersebut kemudian membuat Budapest bisa menggelar pertandingan sepak bola dan dihadiri oleh penonton. Jangan lupa, Puskas Field juga menjadi tempat beberapa laga Liga Champions musim lalu.

Puskas Sector sendiri rencananya akan menggelar laga Hongaria vs Prancis pada 20 Juni mendatang, Portugal vs Prancis pada 24 Juni, serta satu laga di babak 16 besar.

Lantas, apakah kondisi itu membuat iri banyak pihak? Tentu saja, karena sudah setahun lebih suara gemuruh di stadion berganti menjadi sunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *